BISNIS TOKO RIAN SEPEDA
Kita perhatikan dalam beberapa tahun kebelakang, pengguna sepeda semakin bertambah di mana-mana. Sekarang produk sepeda menjadi tidak hanya sebagai barang mainan anak-anak saja, orang dewasa hingga orang tua kini pun banyak yang menggunakannya.
Berbagai komunitas bersepeda pun kian bermunculan, dimulai komunitas yang anggotanya gemar bersepeda gunung, bersepeda balap, hingga tidak kalah para penggemar sepeda antik pun ikut meramaikannya.
Bersepeda kini sudah menjadi tren dan juga salah satu hobi para masyarakat di Indonesia, selain tentunya termasuk kedalam bidang olah raga yang dapat menyehatkan badan, kegiatan bersepeda juga saat ini semakin di rekomendasikan untuk beraktifitas sehari-hari, seperti bersekolah bahkan hingga bekerja.
IDE BISNIS
Tidak hanya demi kesehatan, tetapi sepeda juga seperti sudah menjadi bagian dari gaya hidup. Di beberapa tempat banyak muncul klub sepeda seperti bike to work, bike to campus dan mountain bike club.
Di beberapa jalan saat ini pun sudah menyediakan jalur khusus sepeda. Melihat antusias masyarakat yang begitu tinggi ini dapat kita lihat sebagai peluang keuntungan untuk membuka bisnis toko sepeda.
DISKRIPSI PRODUK
Jual produk sepeda dengan aneka jenis sepeda misalnya sepeda gunung, sepeda lipat, sepeda khusus untuk anak-anak dari berbagai usia, serta sepeda untuk pria atau wanita. Semuanya harus tersedia secara lengkap, selain itu sediakan berbagai peralatan pelengkap sepeda misalnya suku cadang, sekaligus membuka jasa servis sepeda.
PRODUKSI
mencari distributor atau agen yang menjual sepeda secara grosiran. Umumnya para produsen merk sepeda besar, telah menunjuk perwakilan atau agennya untuk memasarkan produknya di setiap kota, untuk skala toko seperti yang akan kita jalankan cukup dengan membeli dari agen-agennya tersebut.
TEAM ORGANISASI
Dalam bisnis ini team terdiri dari saya sendiri pemilik usaha, supplier, dan karyawan untuk reparasi
PEMASARAN
Dalam memasarkan produk ini, saya memulai dari yang terdekat seperti teman dan membuat akun social media dengan nama bisnis ini. Meminta bantuan teman untuk mempromosikan bisnis ini di akun media social mereka, mulai dari facebook, twitter, dan instagram. Saya juga membuka toko di beberapa e-commerce. Sehingga mempermudah customer untuk membeli produk saya.
Selanjutnya lakukan strategi pengembangan bisnis dengan beberapa langkah seperti berikut.
- Menjual produk sepeda di toko online dengan memanfaatkan media sosial serta marketplace online.
- Gunakan jaringan pertemanan atau kenalan Anda untuk memasarkan produk sepeda.
- Ikuti grup atau komunitas tertentu, khususnya bagi para pecinta “GOES” atau para penyuka olahraga bersepeda.
KEUANGAN
INVESTASI AWAL
| |
Pengadaan Sepeda
|
Rp25.000.000
|
Suku cadang
|
Rp10.000.000
|
Etalase
|
Rp5.000.000
|
Kursi
|
Rp3.000.000
|
Total investasi awal
|
Rp43.000.000
|
Peralatan mengalami penyusutan selama empat tahun dan memiliki nilai residu sebesar Rp1.500 dengan menggunakan metode penyusutan garis lurus. Biaya penyusutan per tahun = (Rp43.000.000-Rp1.500):4 = Rp10.749.625 per tahun atau sama dengan Rp895.850 per bulan.
BIAYA OPERASIONAL
| |
Biaya penyusutan peralatan
|
Rp1.192.000
|
Sewa tempat
|
Rp1.000.000
|
Listrik
|
Rp700.000
|
Promosi
|
Rp300.000
|
Gaji karyawan (2 orang)
|
Rp2.000.000
|
Lain-lain
|
Rp500.000
|
Total biaya operasional
|
Rp5.692.000
|
Analisa Break Even Poin (BEP)
Asumsi pemasukan adalah Rp300.000 dalam sehari. Maka omzet dalam sebulan adalah Rp300.000 dikalikan 30 hari menjadi Rp9.000.000.
Sementara itu, Anda akan mendapatkan laba sebesar Rp3.308.000 per bulannya. Jadi, waktu balik modal adalah 13 bulan.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar