Business Plan
Hallo gan kembali lagi nih ke artikel saya, kali ini saya akan membahas mengenai "Business Plan". Jadi disini saya akan menjelaskan bagaimana cara kita merencanakan business plan, karena dengan adanya business plan kita akan mempunyai arah dan tujuan bisnis kita kedepannya mau seperti apa dan agar usaha kita dapat berkembang dan maju.
a. Pengertian
Business plan adalah rancana-rencana pendirian dan atau pengelolaan sebuah bisnis. Sebuah business plan yang baik tidak bisa hanya menampilkan nama perusahaan dan gambar produk saja. Sebab seharusnya bisnis plan memberi gambaran tentang bagaimana bisnis akan dijalankan sampai mencapai kesuksesan.Selama ini, banyak pengusaha kurang tepat dalam memahami pengertian business plan. Hal ini pada awalnya timbul dari kesalahpahaman mengenai tujuan pembuatan business plan. Tujuan utama penyusunan business plan adalah untuk meyakinkan pembaca bahwa sebuah bisnis layak dijalankan. Business plan memang tempat terbaik untuk promosi, tapi bukan alat yang tepat untuk dijadikan sarana pemasaran.
b. Manfaat
- Perencanaan usaha harus dapat diterima oleh semua pihak
- Perencanaan usaha harus fleksibel dan realistis
- Perencanaan usaha harus mencakup seluruh aspek kegiatan usaha
- Perencanaan usaha harus merumuskan cara-cara kerja usaha yang efektif dan efisien
d. Komponen dalam Business Plan
Agar perusahaan berjalan sesuai dengan harapan, seorang wirausaha harus memiliki perencanaan bisnis atau yang lebih dikenal dengan istilah business plan. Rencana bisnis merupakan suatu dokumen yang menyatakan keyakinan akan kemampuan sebuah bisnis untuk menjual barang atau jasa dengan menghasilkan keuntungan yang memuaskan dan menarik bagi penyandang dana. Terdapat 6 komponen perencanaan usaha yang penting untuk perusahaan. Berikut penjelasan lengkapnya.
- MEMBUAT DESKRIPSI BISNIS
Deskripsi bisnis bertujuan untuk menjelaskan secara singkat apa bidang usaha yang akan dijalankan, beserta potensi produk dan kemungkinannya untuk bertahan dan berkembang di masa depan. Dalam deskripsi bisnis ini, diharapkan semua orang yang nantinya terlibat dalam bisnis, akan mengetahui potensi dan arah pengembangan dari bisnis tersebut.
- MELAKUKAN STRATEGI PEMASARAN
Strategi pemasaran merupakan salah satu komponen bisnis yang penting. Strategi pemasaran yang akan dijalankan haruslah merupakan hasil analisa pasar yang telah dilakukan dengan cermat. Analisa pasar adalah kekuatan yang harus digunakan untuk menciptakan target pembeli. Dalam menuliskan strategi ini, Anda membutuhkan suatu analisa yang tepat sehingga dapat memanfaatkan kesempatan yang ada. Jenis analisa yang dapat digunakan misalnya adalah analisa SWOT. Dengan analisa ini, Anda dapat mengetahui keunggulan, kelemahan, peluang dan ancaman bagi suatu produk sehingga dapat menerapkan strategi pemasaran yang tepat tanpa membuang waktu, tenaga dan biaya.
- MEMBUAT ANALISA PESAING
Analisa pesaing digunakan untuk mengetahui kekuatan dan kelemahan pesaing dalam satu pasar yang sama. Setelah menemukan kekuatan dan kelemahan dari produk pesaing, kemudian perusahaan dapat mencari strategi untuk memasarkan produk dengan cara yang berbeda dengan pesaing.
- DESAIN PENGEMBANGAN
Rencana desain dan pengembangan diperlukan untuk menunjukkan tahap perencanaan produk, grafik pengembangan dalam konteks produksi dan penjualan. Selain berguna untuk mengetahui rencana usaha ke depan, desain pengembangan juga akan memengaruhi perencanaan pembiayaan usaha.
- RENCANA OPERASIONAL DAN MANAJEMEN
Rencana operasional dan manajemen dibuat untuk menjelaskan bagaimana usaha akan berjalan dan berkelanjutan. Rencana operasional akan berfokus pada kebutuhan logistik perusahaan, misalnya bermacam tugas dan tanggung jawab tim manajemen, bagaimana prosedur penugasan antar divisi dalam perusahaan, serta kebutuhan anggaran dan pengeluaran yang berkaitan dengan operasional perusahaan.
- MENGHITUNG PEMBIAYAAN
Faktor pembiayaan menjadi unsur penting dalam sebuah rencana bisnis. Dari mana sumber dana berasal, bagaimana mengatur anggaran agar efisien dan usaha dapat berjalan lancar adalah tugas penting yang harus direncanakan dalam komponen pembiayaan.
Beberapa dokumen keuangan yang dibutuhkan untuk menyusun faktor pembiayaan, antara lain laporan keuangan perencanaan, laporan arus kas perencanaan, laporan Neraca perencanaan, dan analisis pengembalian modal.
e. Kesimpulan
Perencanaan bisnis / business plan sangat penting dibuat jika kita mau memulai usaha, karena dengan adanya business plan kita akan mempunyai arah dan tujuan bisnis kita kedepannya mau seperti apa dan agar usaha kita dapat berkembang dan maju. Perencanaan bisnis sangat erat hubungannya dengan wirausaha, karena perencanaan bisnis ini terbuat supaya hasil penciptaan usaha yang terbuat mendekati dengan realitasnya. Diharapkan dengan perencanaan bisnis yang baik hingga perencanaan dengan realitasnya mempunyai perbandingan yang lumayan kecil. Sebab itu perencanaan bisnis ini bisa digunakan sebagai pedoman penciptaan usaha.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar